Apa itu Internet.org?

2:59 AM

Internet.org semakin membuat penasaran banyak orang semenjak kedatangannya pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg di Indonesia pada hari Senin, 13 Oktober 2014.

Internet.org adalah sebuah situs organisasi kemitraan antara perusahaan layanan jejaring sosial Facebook dan enam perusahaan ponsel (Samsung, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera Software, dan Qualcomm) yang bertujuan untuk membawa akses internet yang terjangkau untuk semua orang dengan meningkatkan keterjangkauan, meningkatkan efisiensi, dan memfasilitasi pengembangan model bisnis baru di sekitar penyediaan akses Internet.

Apa itu Internet.org, Photo Internet.org

Dengan mengedepankan tiga peluang utama, yaitu keterjangkauan, efisiensi, dan model bisnis. Diharapkan Internet.org ini bisa memperluas akses internet di tengah masyarakat yang belum mendapatkan layanan data memadai. Mengupayakan kompresi data dan membuat jaringan dan layanan data berjalan lebih efisien. Dan menghubungkan milyaran orang untuk memperkenalkan model bisnis yang memberi orang lebih banyak cara untuk online.

Dengan adanya misi internet.org ini, kita berharap semoga infrastruktur dan kecepatan internet di Indonesia bisa semakin cepat. Sehingga kita bisa meningkatkan dan memulai bisnis dengan mengandalkan jaringan internet semakin lancar.

Dan tentunya bagian wilayah yang tidak mendapatkan akses internet bisa mendapatkan jangkauan internet dan mulai terhubung di jaringan global dunia.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa internet sudah merupakan hak asasi manusia. Karena dengan adanya internet ini semua orang dari kalangan bawah maupun atas bisa saling terhubung dan berkomunikasi untuk pengembagan bisnis, bertukar informasi, dan berkomunikasi secara sosial.

Ambil Positifnya

Facebook internet.org

Banyak berita dan sindiran simpang siur bahwa kedatangan Mark ke Indonesia hanya untuk pengembangan bisnis. Memang kedepannya itu juga akan menjadi sebuah bisnis untuk Facebook, namun bukan itu hal utama Mark membawa internet.org ke Indonesia.

Tujuan utama Mark membawa internet.org ke Indonesia adalah untuk membantu pengembangan akses internet Indonesia yang masih tergolong tertinggal, dan menyebarkan jaringan internet lebih luas lagi. Selain itu juga untuk mengajak para developer untuk membuat sebuah aplikasi yang efisien.

Karena menurut Mark selain infrastruktur jaringan internet, ada faktor lain penyebab lambatnya akses internet di Indonesia. Efisiensi, adalah masalah terbesar dari lambatnya internet di Indonesia.

Maka dari itu Mark bersama internet.org mengajak para developer Indonesia untuk mengembangkan aplikasi dan meningkatkan efisiensi data dari aplikasi masing-masing yang mereka kembangkan. Dengan memanfaatkan bandwidth yang ada dan efisiensi data maka akses internet akan jauh lebih cepat.

Kesamaan Visi Facebook dan Google

Facebook bersama internet.org dan Google sebenarnya mempunyai visi yang sama, yaitu menyebar luaskan akses internet keseluruh dunia.

Tetapi kedua perusahaan itu mempunyai misi yang berbeda, jika Facebook dengan internet.org menyebar luaskan akses internet dengan cara menjalin kerjasama dengan pemerintahan, penyedia provider, mengoptimalkan penggunaan efisiensi data, menyebarkan sinyal wifi ke seluruh dunia, diantaranya dengan menggunakan drone hingga satelit. Sedangkan Google menyebarkan internet dengan cara menerbangkan balon udara ke angkasa, yang dinamai dengan Project Loon.


Kesimpulan

Apapun yang di lakukan Facebook bersama internet.org terhadap Indonesia, kita ambil positifnya saja. Untuk misi terselubung pengembangan bisnis untuk perusahaan mereka, biarkan saja yang penting kita tidak di rugikan.

Karena memang tujuan mereka ada baiknya untuk keberlangsungan internet di Indonesia yang masih jauh tertinggal ini.


Referensi:
  • http://internet.org
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Internet.org
  • http://tekno.kompas.com/read/2014/10/14/13460067/Mark.Zuckerberg.Tahu.Penyebab.Internet.Indonesia.Lambat

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkomentar :)