14 October 2014

Cara Kerja Rangkaian LED Berjalan Model Knight Car/Knight Rider

Knight Car ataupun Knight Rider sama saja. Itu hanya sebuah lampu LED berjalan yang di susun seperti lampu mobil polisi yang biasa di sebut knight rider.

Untuk mengetahui cara kerja dari Knight Car ataupun Knight Rider, kamu harus tahu dasar dari rangkaian LED berjalan. Dengan mengetahui dasar dan cara kerjanya, maka kamu akan dengan mudah membuat rangkaian seperti ini.

Ada dua rangkaian dasar yang harus kamu pelajari dan pahami:

1. Rangkaian IC NE555
2. Rangkaian IC CD4017

1. IC NE555

Apa itu IC NE555?
IC (Integrated Circuit) ini biasa disebut IC pewaktu. Karena fungsinya memang digunakan untuk sebuah rangkaian pewaktu dan multivibrator. Dengan IC 555 ini ada dua jenis rangkaian yang di hasilkan, Rangkaian Monostable dan Astable. Dan yang akan di pakai untuk membuat knight rider adalah yang Astable.

Kenapa menggunakan Rangkaian Astable?
Karena pada rangkaian Astable, IC 555 berfungsi sebagai penghasil sinyal kotak (pulsa) dengan frekuensi tertentu secara terus menerus.

Rangkaian Astable dengan IC 555
Rangkaian Astable dengan IC 555

2. IC CD4017

IC 4017 ini adalah IC counter decoder jenis CMOS yang biasa di pakai untuk membuat running LED (LED berjalan). IC ini akan menghasilkan output dengan tegangan bernilai HIGH secara bergantian. Dan cepat lambatnya output yang bergantian dari satu pin ke pin yang lain tergantung dari input pulsa yang diberikan. Jika frekuensinya tinggi maka outputnya juga akan bergantian dengan cepat, begitupun sebaliknya.

Dari mana input pulsanya?
Inputnya dari hasil IC 555 yang dirangkai Astable sehingga bisa menghasilkan sinyal kotak dengan frekuensi tertentu secara terus menerus.

Dibawah ini rangkaian IC555 yang sudah digabung dengan rangkaian IC4017, tapi ini bukan Knight Rider/Knight Car, ini hanya dasar rangkaian LED berjalan. Namun, kamu bisa membuatnya menjadi knight Rider atau yang lainnya.

Rangkaian LED berjalan
Rangkaian IC555 yang sudah digabung dengan rangkaian IC4017

Penjelasan Cara Kerja Rangkaian Knight Rider/Knight Car

Rangkaian LED Knight Rider
Rangkaian LED Knight Rider

Coba perhatikan rangkaian diatas, semua output dari IC4017 ada 10. Jika di perhatikan dengan teliti rangkaian LEDnya dihubungkan secara Seri. Perhatikan LED D2 dan LED D10, kaki positif dari LED D2 dan D10 dihubungkan lalu diseri dengan D12. Begitupun dengan D3 dan D9 diseri dengan D13. D4 dan D8 diseri dengan D14. D5 dan D7 diseri dengan D15. D1 diseri dengan D11. D6 diseri dengan D16.

Jika disimulasikan nanti hasil outputnya akan seperti Knight Rider. Kamu bisa memakai software simulasi LiveWire di dalamnya sudah terdapat rangkaian seperti diatas.

Cara memakainya dengan cara membuka softwarenya lalu klik File -> Open  -> menuju ke Local Disk (C) -> Program Files -> New Wave Concepts -> LiveWire -> Examples -> Electronics -> 4017B Knight's Car.lvw

Setelah itu kamu bisa menjalankannya dengan klik simbol Play atau bisa menekan tombol F9.

Seperti itulah penjelasan sederhana cara kerjanya, supaya lebih paham lagi kamu bisa mempraktikannya.
Previous
Newer Post
Next
Older Post
Home