8 Hal Penting Membangun Mindset Sebagai Pengusaha

9:55 AM


Mindset adalah kunci untuk kita bisa berhasil dan totalitas menjalankan karir atau sebuah profesi. Dengan mindset yang benar, kita bisa berkembang disegala sesuatu yang dikerjakan. Selain itu mindset bisa membantu kita untuk bisa lebih konsisten dan bisa bertahan, tidak menyerah meski banyak godaan dan hambatan yang menghadang.

1. Tentukan goals atau tujuan

Tentukan goals kenapa kita ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Ketika kita sudah memiliki goals atau tujuan yang tepat, semuanya bisa terhubung dengan hal-hal berikutnya yang berpengaruh terhadap pembangunan mindset untuk mewujudkan goals tersebut.

2. Tekun untuk belajar

Sebenarnya beberapa hal yang terasa sulit di dunia entrepreneur ternyata tidak begitu sulit, hanya saja kita belum punya ilmunya. Hal itulah yang menjadi patokan dimana kita harus tekun belajar sehingga bisa menemukan solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dan mindset ini yang bisa membawa Anda untuk menuju kesuksesan. Karena jika kita tidak pernah berhenti belajar banyak hal-hal baru yang bermanfaat bisa diserap dengan mudah.

3. Tidak boleh mengkotak - kotakkan ilmu

Salah satu keahlian dari seorang pengusaha adalah mengetahui banyak hal. Tahap awal dalam hal membangun bisnis, kita adalah center universe bisnis kita. Empowerment penting, tapi itu tidak bisa terbangun di hari pertama, bulan pertama atau di tahun pertama.

Hal-hal yang harus diketahui oleh seorang pengusaha minimal dari ilmu dasar dan bagaimana cara mengukur keberhasilannya.

4. Hati-hati dengan "jebakan" entrepreneur

Maksud dari "jebakan" ini adalah terjebak dengan gaya hidup dari entrepreneur. Stay humble dan terus menjadi diri sendiri akan berpengaruh terhadap konsistensi dan perkembangan bisnis kita.

5. Jangan pernah lupa untuk berbagi

Berbagi di sini tidak hanya materil, tetapi bisa juga dengan ilmu, waktu dan tenaga. Meskipun harus ada yang dikorbankan, namun pada akhirnya kita juga bisa banyak belajar dengan sharing dan bertemu dengan orang-orang baru.

6. Melakukan suatu hal dengan maksimal/totalitas

Jangan pernah memandang suatu hal itu kecil atau besar, tetapi apapun yang ada di depan kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu kita bisa meminimalisir adanya kesalahan di setiap pekerjaan yang kita lakukan.

7. Think big, start small

Jangan pernah sedih ketika kita berada di bawah, karena itu bukan hal yang bisa mencegah kita bisa menjadi pengusaha yang sukses. Sudah banyak contoh pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol hingga bisa sukses dan memiliki omset milyaran. Kita boleh berpikiran atau set planning untuk mempunyai bisnis yang sangat besar, tapi imbangi juga dengan usaha yang konsisten dan pantang menyerah meski harus mulai dari bawah.

8. Jangan takut gagal

Gagal atau belum berhasil adalah part of the journey dan kita tidak boleh baper. Jadilah kegagalan sebagai pembelajaran untuk kita mengerjakan sesuatu lebih baik dari sebelumnya.

Itulah 8 mindset yang harus Anda punya jika mau memasuki dunia entrepreneur & berhasil jadi pengusaha sukses.

You Might Also Like

1 comments

Terima kasih sudah berkomentar :)